Pengabdian Kepada Masyarakat di Barito Kuala

PENYULUHAN KEFARMASIAN TENTANG

BAHAYA AKIBAT PENYALAHGUNAAN OBAT PIL JIN

DI SMA 1 ALALAK BARITO KUALA KALSEL


Dalam dunia farmasi, Zenith atau Carnophen sebenarnya adalah obat kimia yang bersifat racun. Namun jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat bisa sebagai penawar. carnophen mengandung carisoprodol yaitu relaksan otot untuk menangani nyeri otot yang akut. Metabolit dari carisoprodol yaitu Meprobamate merupakan depresan sistem saraf pusat dan digunakan untuk menangani gejala gangguan cemas. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan dalam dosis tertentu bisa menimbulkan efek yang dikenal dengan Fly atau mabuk. Obat inilah yang saat ini sering disalahgunakan karena adanya efek sedatifhipnotik[1]nya.

Maraknya kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang khususnya carnophen ini bukan hanya pada orang dewasa saja bahkan anak yang belum cukup umur seperti pelajar juga sudah mengenal dan mengkonsumsinya. Dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan carnophen ini dapat memberikan efek ketergantungan yang tinggi bagi si pemakai. pemakai menganggap menggunakan carnophen merupakan suatu kebutuhan untuk penghangat badan dan menambah stamina (Dopping).


Dari penelusuran sumber, untuk Zenith, cukup mengeluarkan uang Rp 25 ribu untuk satu keping berisi 10 butir. Seperti yang dialami Abidin alias Udin, warga Jalan Gerilya Kelayan B RT 18, Banjarmasin Timur, yang digelandang Unit Patroli Kota Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin karena membawa beberapa butir Zenith. "Minum zenith sehari dua biji, biar kerja tidak capek," katanya kepada BPost Online, Sabtu (31/1/2015).[1]







Komentar

Postingan Populer