Pengabdian Kepada Masyarakat Bulan Ramadhan

PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT YANG BENAR (DAGUSIBU) DI PANTI JOMPO UMA KANDUNG DAN PANTI ASUHAN HARAPAN BANGSA





Para penghuni panti jompo dan anak asuh di panti asuhan yang punya kepedulian cukup baik terhadap kesehatan, termasuk di dalamnya penggunaan obat, baik obat yang diresepkan oleh dokter, obat bebas maupun obat bebas terbatas yang dibeli sesuai dengan gejala yang  dirasakan.  Era Jaminan  Kesehatan  Nasional  (JKN)  yang  berimbas  pada    peningkatan motivasi bagi penghuni dan pengelola panti untuk memeriksa kesehatan secara rutin di pusat pelayanan kesehatan setempat juga menjadi sebab peredaran obat yang cukup banyak di masyarakat. Namun penggunaan obat yang semakin banyak ini belum didukung secara optimal dengan pengetahuan mereka mengenai cara konsumsi hingga pembuangan limbah obat yang baik dan aman bagi lingkungan. Pemberian informasi yang benar terkait penggunaan obat menjadi kebutuhan masyarakat agar terhindar dari dampak buruk kesehatan diri maupun lingkungan.

Pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sekaligus dilaksanakan pembagian bantuan dana Ramadhan kepada pengurus Panti Jompo dan Panti asuhan.


Gambar 2. Penyuluhan yang dilakukan Oleh Bapak Hendera, M.Farm.,Klin Apt.

Kegiatan penyuluhan ini diberi nama DAGUSIBU (Dapatkan – Gunakan – Simpan – Buang). Apoteker sebagai profesi kesehatan yang concern terhadap pemakaian obat-obatan di masyarakat dihimbau untuk terus melakukan penyuluhan DAGUSIBU di manapun agar masyarakat paham mengenai penggunaan obat yang benar sehingga tujuan pengobatan dapat tercapai serta tidak menimbulkan kerusakan lingkungan karena pembuangan limbah obat yang salah.


Gambar 3. Pemberian Bantuan dana Ramadhan kepada pengurus panti Jompo Uma Kandung



Gambar 4. Pemberian pengetahuan tentang penggunaan obat yang baik dan benar



Komentar

Postingan Populer